Thursday, August 14, 2008

Cyber War Rusia vs Georgia


Jakarta
- Peperangan antara Rusia dan Georgia tak hanya terjadi di dunia nyata. Aksi serbu juga meluas di dunia maya.Salah satu sasaran yang menjadi target empuk adalah situs milik Presiden Georgia Mikheil Saakashvili yang beralamat di http://president.gov.ge/.

Bahkan, seperti dikutip detikINET dari chatmag, Rabu (13/8/2008), karena keberadaannya terancam oleh para dedemit maya, situs Saakashvili terpaksa harus diungsikan keluar dari negaranya dengan hengkang ke Amerika Serikat.Maksudnya, server situs ini dipindahkan ke perusahaan web hosting di Atlanta, AS, bernama Ga. Tak hanya situs Saakashvili, situs stasiun TV Georgia -- Rustavi2 -- juga menjadi target serangan yang memaksa mereka melakukan hal serupa dengan Saakashvili.

Sebelumnya, cracker yang punya hubungan kuat dengan jaringan Rusia diketahui mengacak-acak situs milik pemerintah dan pihak swasta Georgia. Jaringan kriminal program jahat bernama RBN (Russian Business Network) yang diduga dipengaruhi pemerintah Rusia dituding sebagai salah satu pelaku serangan. RBN sendiri telah lama ditengarai bertanggungjawab atas sejumlah serangan web.

http://www.detikinet.com/read/2008/08/13/073002/987556/323/situs-presiden-pun-terpaksa-diungsikan

No comments: