Monday, May 21, 2007

NATO Bersiap Hadapi Perang Cyber


Intensitas perang cyber yang makin meningkat jadi perhatian banyak pihak. NATO alias pakta pertahanan atlantik utara pun bersiap menghadapi perang cyber.


Brussel - NATO (North Atlantic Treaty Organization) atau pakta pertahanan Atlantik utara membentuk pusat komando perang cyber untuk menangkal serangan online yang mungkin melanda mereka.

Pusat kendali cyber bernama 'Cooperative Cyber Defence Centre of Excellence' ini diciptakan di negeri Estonia. Estonia sendiri adalah negara pertama yang diketahui terkena serangan cyber terkoordinasi dari Rusia belum lama ini.

Para pakar dari Estonia, Jerman, Italia, Latvia, Spanyol sampai Slovakia akan bergabung dalam pusat komando cyber tersebut yang rencananya akan selesai dibangun pada 2009.

Akan tetapi seperti dikutip detikINET dari AFP, Jumat (16/5/2008), pada saat ini pusat komando cyber tersebut sudah melakukan tugasnya menangkal serangan online.

"Situasi telah memaksa pembuatan pusat pertahanan cyber ini untuk membantu NATO mengantisipasi ancaman," tandas jenderal James Mattis, Supreme Allied Commander Transformation NATO.
Sumber : Fino Yurio Kristo - detikinet

No comments: